Menu

Senin, 11 Februari 2013

cara menganti nama komputer pada MS Win 7 dan cara partisi harddisk di windows 7


Senen, tanggal 11 Februari 2013 ini saya dan teman saya ada pekerjaan ke lokasi user untuk melakukan proses retur barang dan aktivasi office 2010. Singkat cerita ketika teman saya melakukan aktivasi office ada salah satu user kami yang menanyakan ke teman saya bagai mana cara menganti nama komputer pada MS Win 7 dan cara partisi harddisk di windows 7. lalu teman saya menjawab kurang mengerti untuk melakukan ke dua hal tersebut, ketika saya mendengar percakapan mereka saya tersenyum bukan saya merendahkan mereka, tetapi saya tersenyum karena kemungkinan saya bisa membantu mereka terlebih lagi saya bisa berbagi apa yg sedikit saya mengerti. lanjut cerita, setelah mereka selesai berbicara saya dekati mereka dan saya katakan kemungkinan saya bisa membantu mereka untuk menganti nama komputer pada MS Win 7 dan cara partisi harddisk di windows 7. Dengan senang hati user kami mempersilahkan saya untuk menggunakan  komputer barunya, setelah mengucapkan kata permisi ke user, saya langsung coba untuk menganti nama komputer pada MS Win 7.

Berikut langkah-langkah simplenya. 


cara menganti nama komputer pada MS Win 7

1. Klik Start.




2. Kemudian klik Computer.



3. Setelah itu klik kanan pada Computer dan pilih Properties



4. Akan muncul jendela baru kemudian klik Advance System Setting



5. Lalu muncul kotak dialog seperti di bawah ini. Klik Computer Name.



6. Kemudian klik Change.



7. Ganti nama komputer anda pada kotak Computer Name. Setelah selesai klik OK.

Menganti nama komputer pada MS Win 7 sudah selesai  dan sekarang kita akan mencoba Cara partisi harddisk di windows 7

=========================================================================
 Salah satu kelebihan windows 7 dibandingkan windows XP dapat membuat partisi pada harddisk secara aman dan mudah tanpa menggunakan aplikasi pihak ke-3 seperti Norton partition magic, ranish partition manager, dan Eazeus Partition Manager. Dengan membuat partisi harddisk pada windows 7, maka data yang anda simpan akan lebih aman jika terjadi crash pada windows 7 yang anda gunakan. 

Untuk anda yang ingin membuat partisi harddisk di Windows 7 yang anda gunakan tanpa ingin menggunakan aplikasi pihak ke-3 dapat mengikuti langkah-langkah dibawah ini :
  1. Klik kanan [computer] > pilih [manage]
  2. Pada jendela “computer management”, pilih [storage] kemudian pilih [disk management].

  3. Pada jendela sebelah kanan terlihat jumlah partisi yang telah ada. Kemudian klik kanan pada harddisk yang mau dipartisi. ( Jika baru terdapat 1 partisi misal C: klik kanan pada partisi C:, kalau sudah ada beberapa partisi “seperti gambar dibawah” dan mau di partisi lagi maka klik kanan pada drive yang mau di partisi lagi ) kemudian pilih [Shrink Volume].
  4. Muncul “querying shrink space” dan tunggu sebentar.
  5. Muncul jendela shrink. Disini anda akan diminta untuk menentukan volume partisi yang ingin dibuat. Isikan saja berapa volume sesuai dengan yang anda rencanakan. Setelah itu klik [Shrink].
  6. Maka akan muncul partisi baru yang masih belum terformat atau free space ( lihat partisi dengan gambar hijau ). Sampai disini partisi baru masih belum bisa digunakan.
  7. Untuk memformat partisi agar bisa digunakan, klik kanan pada “free space” tadi kemudian pilih[new simple volume].
  8. Muncul [New simple volume wizard] > klik [next].
  9. Muncul jendela [specify volume size] > klik [next] lagi
  10. Muncul jendela [assign drive letter or path] > klik [next] lagi.
  11. Muncul jendela [format partition]. Pada file system pilih saja NTFS, kemudian pada volume label > isikan “nama label drive partisi anda”, kemudian klik [next].
  12. Muncul jendela [completing the new simple volume wizard]. Sebelum klik finish lihat dulu informasi yang tertera. Kalau belum sesuai dengan keinginan anda, klik [back], kalau sudah sesuai silahkan klik [finish]
  13. Maka partisi harddisk telah selesai dan siap untuk dipergunakan.
    Untuk Melihat apakah anda berhasil membuat partisi di windows 7 atau tidak, klik windows explorer dan lihat apakah terdapat partisi baru dengan label yang telah anda buat sebelumnya.

    Menganti nama komputer pada MS Win 7  dan partisi harddisk di windows 7 sudah selesai, tetapi pekerjaan saya belum selesai karena user minta saya mengajari ke dua hal tersebut  kepada beliau, dengan senang hati saya mangajari hal simple tersebut kepada user.

    Demikian Jejak Anak Borneo hari ini.










Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentar di bawah ini jika ada yang ingin ditanyakan atau Kontak Admin Via email/YM/SMS

Salam,

Jejak Anak Borneo